Wedang Secang Kaya akan Khasiat Harga Bersahabat

ilustrasi kompas

 

Kopling - Pernahkah Anda mendengar atau mengonsumsi minuman wedang secang? Jika belum mari kita mengulas apa itu wedang secang serta proses pembuatan dan manfaatnya.

 

Wedang secang adalah minuman khas Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Wedang secang ini dapat disajikan baik panas maupun dingin. Masyarakat mempercayai bahwa dengan meminum wedang secang berguna untuk meningkatkan stamina tubuh.

 

Wedang artinya minuman, sedangkan wedang secang sendiri adalah minuman hangat yang berbahan dasar kayu secang. Sehingga minuman herbal yang berwarna merah kecoklatan ini juga dapat menghangatkan tubuh. 

 

Bahan utama dari wedang secang ini adalah kayu secang, dicampur dengan gula, jahe, kapulaga, serai, daun pandan, cengkeh dan kayu manis. Setelah semua bahan tersebut terkumpul maka bisa langsung merebus air. Jika air mendidih masukkan semua komponen wedang secang dan kecilkan api. Rebus hingga 45 menit. Disarankan untuk tidak merebus lebih dari 45 menit karena jika terlalu lama nutrisi dari tanaman tersebut akan ikut menguap dan hilang.

 

Sesuai dengan bahan dasar yang digunakan, wedhang secang ini memiliki beberapa khasiat, diantaranya :

~ Mengatasi peradangan dan nyeri

~ Membasmi bakteri

~ Mengatasi jerawat

~ Menghambat pertumbuhan sel kanker

~ Menghentikan diare

~ Mencegah kerusakan sel

~ Menurunkan dan mengontrol gula darah

~ Mengobati pegal linu

~ Menambah tenaga dan stamina

~ Menghangatkan dan menyehatkan tubuh

 

Meskipun wedang secang adalah minuman khas daerah Mojokerto, namun ada masyarakat Nganjuk yang memproduksi bermacam-macam minuman herbal diantaranya wedang secang tersebut. Beliau adalah Ibu Mariyati atau lebih dikenal dengan panggilan Bu Tris secang, yang berkecimpung di bidang ini sejak tahun 1995. Produk beliau dikenal dengan nama Toga Mulia, yang beralamat di Kelurahan Bogo, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. 

 

Secang yang diproduksi Toga Mulia ada dua macam bentuk, yaitu cair (sirup) dan serbuk. Untuk harga secang serbuk (secang instan) Rp75.000,00 per kilogram, sedangkan untuk harga sirup secang Rp20.000,00 per botol. Untuk secang instan ada juga yang dikemas kecil-kecil, per pak isi 10 bungkus kecil dihargai Rp11.000,00.

 

Cita rasa dari wedang secang manis dan sedikit pedas dari jahe yang membuat tubuh terasa hangat. Sebab memiliki banyak kandungan rempah dan jahe, wedang ini bisa menghangatkan tenggorokan walaupun dikonsumsi dengan keadaan dingin.

 

Dengan mengkonsumsi minuman herbal yang sesuai dengan kondisi tubuh, kita sudah mengurangi bahan-bahan kimia yang masuk ke tubuh kita dan yang pasti minuman herbal tanpa efek samping. (*Tata/2021)

Posting Komentar untuk "Wedang Secang Kaya akan Khasiat Harga Bersahabat"